Kamis, 06 Desember 2012

Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar

Gigi adalah bagian tubuh yang cukup penting bagi manusia. Gigi juga menjadi bagian untuk memperindah penampilan seseorang. Karena setiap kita berbicara atau tersenyum, gigi pasti akan terlihat dan menjadi perhatian orang lain. Oleh karena sangat penting sekali untuk merawat gigi dengan baik dan benar sehingga gigi kita selalu sehat dan tampak indah.

merawat gigi, menggosok gigi, baik, benar

Kesehatan gigi sangat penting bagi kehidupan kita. Tidak jarang ketika gigi kita sakit, bagian-bagian tubuh lainya juga ikut merasakan sakit. Seperti sakit kepala, mual, demam, dan lain-lain. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kesehatan gigi. Berikut ini adalah beberapa tips Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar yang bisa Anda lakukan setiap hari :

1. Gosok Gigi Secara Rutin
Menggosok gigi adalah hal terpenting untuk menjaga kesehatan gigi. Rajinlah menggosok gigi minmal dua kali sehari. Waktu yang tepat untuk menggosok gigi adalah setelah sarapan pagi dan sebelum tidur. Cara menggosok gigi yang baik dan benar adalah dari atas ke bawah. Mengelilingi permukaan bagian depan gigi kemudian di teruskan ke bagian dalam gigi. Selain itu gunakan sikat gigi yang halus agar tidak melukai gusi Anda saat menggosok gigi.

2. Gunakan Obat Kumur
Tidak cukup dengan menggosok gigi, Anda juga bisa menggunakan obat kumur secara rutin. Berkumurlah dengan obat kumur secara rutin setelah gosok gigi. Berkumur dapat mengurangi kuman penyebab plak pada gigi. Akan lebih baik jika Anda memiloih obat kumur yang mengandung Flouride. Karena Flouride dapat membantu mencegah gigi berlubang.

3. Menggunakan Dental Floss
Jika sisa-sisa makanan masih belum bisa dibersihkan dengan menggosok gigi. Ada baiknya Anda menggunakan Dental Floss. Yaitu sejenis benang gigi yang digunakan untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi yang sulit dijangkau dengan sikat gigi.

4. Jauhi Makanan Manis
Makanan manis akan meninggalkan gula pada gigi Anda. Dan bakteri pada mulut sangat menyukai gula. Bakteri-bakteri tersebut akan menyebabkan gigi berlubang. Oleh karena itu sebisa mungkin jauhi makan makanan yang manis atau berkumurlah segera setelah Anda  makan makanan manis.

5. Rutin Mengganti Sikat Gigi
Sikat gigi adalah komponen terpenting untuk membersihkan gigi. Ketika Anda menggosok gigi, ada jutaan bakteri yang berpindah dari gigi Anda ke sikat gigi. Bakteri-bekteri-tersebut dapat bertahan pada sikat gigi sampai 48 jam apabila sikat gigi Anda tidak mengering. SIkat gigi juga sangat rentan dengan pencemaran udara di toilet. Oleh karena itu dokter gigi merekomendasikan untuk mengganti sikat gigi secara rutin tiga bulan sekali.

6. Hidari Makanan Terlalu Panas atau Dingin
Makan makanan yang masih panas atau terlalu dingin dapat menyebabkan keretakan gigi dan merusak sensitivitas gigi. Akan lebih baik jika Anda menunggu makanan Anda hangat terlebih dahulu sebelum di makan.

7. Rutin Memeriksakan Kondisi Gigi
Periksakan kondisi gigi Anda secara rutin minimal enam bulan sekali ke dokter gigi. Dengan secara rutin memeriksakan kondisi gigi dapat Anda dapat mengetahui kondisi gigi dan dapat melakukan pencegahan untuk mengurangi kerusakan gigi.

Itu tadi adalah beberapa hal tentang Cara Merawat Gigi Yang Baik dan Benar. Semoga dapat bermanfaat.

sumber : www.anneahira.com/tips-merawat-gigi.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar