Rabu, 17 Oktober 2012

4 Manfaat Jinten Hitam Untuk Kesehatan Tubuh

Jinten Hitam Manfaat jinten hitam ternyata banyak meskipun kelihatannya kecil. Jinten hitam merupakan tanamana herbal yang tergolong rempah, tapi berkhasiat juga sebagai obat tradisional, jinten hitam juga sering di sebut habatussauda. Tanaman ini sudah tidak asing lagi dikalangan masyarakat, bahkan telah populer di dunia. tanaman ini dimanfaatkan untuk obat yang telah dipasarkan di mana-mana, yang dibuat dalam bentuk kapsul dan ada juga yang berbentuk minyak.
jintan hitam kaya nutrisi dan sangat ideal untuk lansia terutama menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas otak agar tidak cepat pikun. Maklum jinten mengandung 15 macam asam amino termasuk 9 asam amino essensial. Asam amino essensial tidak dapat diproduksi tubuh dalam jumlah yang cukup.itu hanya ada di jintan hitam. sangkin mujarabnya jinten hitam ini untuk mengobati beragam penyakit sampai muncul ungkapan, “semua bisa diobati kecuali kematian“.

Manfaat Jinten Hitam

Mengingat studi terhadap herbal ini masih terus berlanjut kemungkinan semakin banyak manfaat jinten hitam, berikut adalah manfaat jintan hitam yang sudah di teliti:

1. Sumber gizi

Jinten hitam mengandung betakaroten (pro-vitamin A), kalsium, zat besi, sodium, dan potassium. meskipun dibutuhkan dalam jumlah yang sedit oleh tubuh, unsur-unsur tersebut berfungsi sebagai kofaktor untuk fungsi semacam enzim. Untuk suplemen gizi, Anda bisa mengonsumsi setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda tiga kali sehari.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jintan hitam dapat meningkatkan kekebalan tubuh terutama pada pasien yang mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh. Menurut penelitian, mengonsumsi kapsul jinjan hitan 1 gram, dua kali sehari selama empat pekan dapat meningkatkan rasio antara T-cell positif dan negatif hingga 72%. Peningkatan kekebalan tubuh ini penting dalam penyembuhan pilek, influenza, AIDS dam penyakit lainnya yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh.

3. Obat asma dan alergi

Histamin adalah zat yang dilepaskan oleh sistem tubuh sebagai reaksi alergi. Crystalline nigellone pada jinten hitam memiliki protein kinase C, zat yang dikenal menghambat pelepasan histamin. pemberian jintan hitam dapat mengurangi reaksi alergi pada sebagian besar penderita Asma Bronkial dan penyakit alergi lainya dengan tanpa efek samping.
Untuk pengobatan asma dan alergi, ambillah secangkir air hangat, satu sendok madu dan setengah sendok teh minyak atau ekstrak habbatussauda. campurkan dan minum di pagi hari sebelum sarapan dan setelah makan malam. setelah pengobatan, hindari makanan dingin dan pemicu alergi.

4. Obat kanker

Manfaat jinten hitam yang terakhir adalah sebagai obat kanker. Asam lemak pada jintan hitam dapat menghambat perkembangan kanker. jinten hitam menstimulasi produktivitas sumsum tulang dan imunitas sel serta produksi interferon, melindungi sel-sel normal melawan virus perusak sel dan melawan sel-sel tumor tanpa merusak sel-sel yang sehat. Untuk pengobatan kanker, campurkan satu gelas jus anggur dan setengah sendok teh minyak habbatussauda. Minum tiga kali sehari. Pengobatan melalui manfaat jinten hitam mungkin berlangsung pada bagian yang terkena kanker selama dua minggu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar