Kamis, 11 Oktober 2012

Supaya Awet Muda, Makan 10 Jenis Buah Setiap Hari


Supaya Awet Muda, Makan 10 Jenis Buah Setiap Hari




REPUBLIKA.CO.ID, Hobi makan buah? Anda cukup menanti hasil yang siap datang berupa tubuh yang sehat, bugar, dan awet muda. Ternyata, bukan hanya kaya vitamin, buah-buahan juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini yang sangat ditakuti kaum perempuan.

Konsultan gizi, Samuel Oetoro, menjelaskan, antioksidan dari buah diperoleh dari Phytochemical, yaitu zat warna yang melekat pada kulit buah.
Semakin buah itu berwarna 'kinclong', efek antioksidannya semakin banyak. Antioksidan ini sangat berguna menghambat proses regeneratif penuaan.

Samuel merekomendasikan 10 buah-buahan berwarna yang wajib dikonsumsi setiap hari. Sepuluh buah tersebut di antaranya adalah, mangga, jambu biji, jeruk, apel, sirsak, stroberi, tomat, longan, anggur, dan plum.

Menurut Samuel, seluruh buah-buahan itu kaya akan Phytocemical dan masing-masing memiliki vitamin dan zat yang dibutuhkan tubuh.
Seperti jambu yang paling banyak mengandung vitamin C (165 mg), kalium, serta serat. Sedangkan mangga kaya vitamin A. Apel memiliki energi tertinggi dibandingkan buah yang lainnya. Bagi wanita di atas 40 tahun bisa ditambah dengan bengkoang, karena mengandung Phytocemical paling tinggi.
''Untuk memenuhi segala kebutuhan tubuh, 10 jenis buah dengan 10 warna berbeda tersebut harus dikomsumsi sebanyak 10 porsi per hari. Pagi hari untuk sarapan bisa dimulai dengan makan buah,'' ujar dokter yang praktik di Klinik Semanggi Jakarta ini.
Jadi, tunggu apalagi? Ayo, makan buah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar